Sukses Bersama Kami

Monday, March 7, 2016

International Women's Day

International Women's Day - Hallo Kawan Solusi Sukses Anda,Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul International Women's Day , kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Article Internasional, Article Peristiwa, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Title : International Women's Day
link : International Women's Day

Baca juga


International Women's Day


Cepatnya sebaran informasi jaman sekarang melalui social media, terasa kelewatan kalau kita, generasi muda tidak mengetahui, atau paling tidak, mendengar istilah tersebut. 8 maret 2016, dan setiap tanggal 8 maret itu juga diperingati hari International Women's Day. Hari apa lagi itu? Yang jelas bukan hanya hari Selasa. Singkatnya International Women's Day adalah hari perayaan untuk perempuan di seluruh dunia yang didedikasikan untuk menghormati, memperjuangkan, dan menghargai keberhasilan perempuan di berbagai bidang kehidupan terutama bidang ekonomi, politik, dan social.

Tercetusnya hari tersebut, tidak akan lepas dari serangkaian sejarah panjang di seluruh dunia yang mana perempuan-perempuan di seluruh dunia menuntut diperjuangkannya hak-hak perempuan sebagai warga negara di masing-masing negaranya. Pergerakan-pergerakan perempuan itu sendiri, mulai nampak sejak awal tahun 1900-an di Amerika. Tepatnya tahun 1908, perempuan-perempuan Amerika melakukan longmarch menembus kota New York menuntut jam kerja yang lebih pendek, yang lebih baik, dan diberikan hak pilih. Sejak saat itu, muncul pergerakan-pergerakan perempuan di belahan bumi yang lain. Hingga pada 1910, seorang tokoh dari Partai Sosial Demokrat Jerman, Clara Zetkin, mengusulkan gagasan bahwa International Women's Day (IWD) harus dirayakan di seluruh dunia. Lalu pada 1911, dirayakanlah IWD pertama di Austria, Switzerland, Denmark, dan Jerman pada 19 Maret. Pada perkembangannya hingga sekarng, akhirnya IWD dirayakan setiap 8 Maret, mengenang demonstrasi "roti dan perdamain" seorang perempuan Rusia, Czar, sebagai respon matinya dua juta tentara Rusia di medan perang

IWD yang telah dirayakan di seluruh dunia, itu sama saja dengan memberi pengakuan bahwa kita, perempuan, memiliki peran dan tanggung jawab yang sama kepada dunia. Begitu juga Indonesia. Kita sudah banyak megetahui perempuan-perempuan progresiv yang mampu menjadi pahlawan untuk rakyat seperti tjut nyak dien dan marsinah pahlawan buruh. Perlu diingat bahwa perempuan Indonesia sekarang, bisa mengenyam indahnya pendidikan e dunia, tidka terlepas dari jasa pahlawan-pahlawan bangsa yang memperjuangkan hak-hak perempuan yang mana pada masa itu system kemasyarakatan kita masih feodal serta terlihat jelas gender gap antara perempuan dan laki-laki di banyak bidang kehidupan. Tentu, terdapat korelasi antara IWD dengan hari-hari perempuan di Indonesia. Hari tersebut sama-sama ditujukan untuk menjunjung tinggi harkat dan martabat perempuan di mata dunia, menghargai peran-perannya, dan bukan hanya sekedar pemberian bunga, cokelat, atau semacamnya. Melainkan lebih menitikberatkan bahwa perempuan juga memiliki hak yang sama dengan laki-laki, contohnya hak beragama, hak menyampaikan pendapat, hak mendapatkan kehidupan yang layak, hak mendapatkan pendidikan, dan lain-lain. Jargon kesetaraan gender kah atau kesetaraan hak kah, bukanlah untuk aji mumpung oknum-oknum yang bermaksud untuk melewatbataskan makna sesungguhnya hari-hari tersebut. Karena ini bukanlah gerakan feminisme kelewatbatas yang berteriak bahwa mereka mampu berdiri tanpa laki-laki. Justru perempuan dan laki-laki harus saling bergandeng tangan berjuang sesuai kodratnya di rel yang sama, ikut berperan dan bertanggung jawab terhadap perubahan yang mungkin sedang dan akan terjadi. Alam pun berbahasa, menyalahi kodrat sama halnya air tidak boleh basah dan api tidak boleh panas. Bukan lagi kesetaraan gender, melainkan berbicara tentang Kemanusiaan Yang Adil dan Beradab.

[Hukayuri]



Demikianlah Artikel International Women's Day

Sekianlah artikel International Women's Day kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel International Women's Day dengan alamat link https://solusisuksespemula.blogspot.com/2016/03/international-women-day.html
loading...
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : International Women's Day

0 comments:

Post a Comment